Tentang Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri

Arc de triomphe nya Indonesia


Arc de triomphe atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Gapura Kemenangan adalah monumen yang sangat terkenal  di kota Paris. Monumen ini terletak di bukit Chaillot dan berdiri di tengah area Place de I'Etoile, di ujung barat wilayah Champs-Elysees.
Monumen yang berada di tengah konfigurasi persimpangan jalan raya berbentuk bintang lima ini, di bangun atas  perintah Napoleon Bonaparte dengan tujuan untuk menghormati jasa tentara kebesarannya.

Untuk bisa menikmati kemegahan dan keindahan monumen ini dari dekat bisa jadi merupakan sesuatu yang mustahil, terutama bagi wisatawan yang berkantong tipis, di Paris, Perancis bro.... Eits jangan patah semangat dulu, rupanya tidak sejauh yang saya bayangkan. Dengan modal bensin 3 liter ternyata sudah bisa menikmati kemegahan dan keindahan  Arc de Triomphe dari dekat. 
Gambar diatas tuh buktinya, walaupun bukan aslinya tetapi memiliki citarasa seni serupa. Kata pepatah “Tak lihat Arc de Triomphe, Simpang Lima Gumul pun jadi”, miripkan? Memang sangat mirip, yang membedakan mungkin lebih ke pahatan reliefnya dengan diorama sejarah Kediri.

Monumen Simpang Lima Gumul yang terletak di Kediri, Jawa  Timur  memang sebuah monumen yang bentuknya sangat mirip dengan L’arch de Triomphe di Paris, Perancis. Letaknyapun memiliki posisi yang serupa, yaitu merupakan persimpangan lima akses jalan ke wilayah Kediri. Arah selatan ke Wates/Gunung Kelud, Timur Ke Gurah, Utara ke pagu, Timur laut ke Pare, dan arat Barat ke Kota Kediri. Monumen yang memiliki luas 804 m2 dan tinggi 25 m ini, pembangunannya di gagas Bupati Kediri, Bapak Sutrisno. Selain menjadi ikon baru Kediri, diharapkan juga bisa menjadi sentra perekonomian untuk kemajuan wilayah Kediri. Serta menjadi gerbang wisata kediri.



0 komentar:

Posting Komentar






Selamat Datang di Blog MainTracker™
 
Free Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design